Kumpulan Resep masakan sehari - hari yang sudah teruji dan terpercaya serta cara masak makanan khas daerah di Indonesia dari berbagai bahan seperti ayam, ikan, cumi, daging, seafood, tahu, telur, dsb

Bumbu Lapis Daging

Resepmasakenak.com – Bumbu lapis daging sebagian besar terdiri dari bahan dasar kecap. Kecap memiliki kandungan gizi mikro yang amat penting bagi tubuh seperti mineral iodium, zat besi, dan vit A yang dibutuhan bagi metabolisme tubuh manusia.

Di Zaman yang serba modern ini kecap bisa dengan mudah kita temukan, begitu juga dengan bumbu lapis daging khas Surabaya. Bumbu lapis daging sebenar nya tidak susah untuk didapatkan nya hanya terdiri dari beberapa rempah – rempah seperti bawang merah, kemiri, lengkuas serai, kunyit dan beberapa bumbu lainnya yang semuanya sudah ada disekitar kita.

Lapis daging merupakan makanan khas masyarakat Surabaya, namun makanan ini juga ada di jawa tengah, nanti akan saya posting bagaimana cara dan resep serta bumbu apa saja yang digunakan untuk membuat lapis daging jawa tengah.

Lapis daging bisa di masak dengan menggunakan daging kambing dan daging sapi, pada dasarnya sama saja hanya berbeda di cara pengolahan dagingnya agar tidak menimbulkan bau, jika anda tidak selera menggunakan daging sapi atau kambing, anda bisa mengganti nya dengan menggunakan telur, lapis daging pakai telur rasa nya tidak kalah jauh dengan yang menggunakan daging sapi atau daging kambing.

Baiklah berikut Resep lapis daging jawa timur masak kecap dan bumbunya.

Bumbu Lapis Daging
Resep Lapis Daging Khas Surabaya

Bumbu Lapis Daging 


Bahan Lapis Daging :

½ kg daging sapi
1 ½ liter air untuk merebus daging, silahkan ditambahkan jika daging belum empuk

Bumbu yang dihaluskan :
1 genggam bawang merah
4 siung bawang putih
Ketumbar secukupnya kemudian sangrai
4 butir kemiri sangrai
2 ruas jari lengkuas
1 batang serai ambil putihnya kemudian tali bagian ujungnya (seperlunya) jangan semua hehe
1 ruas jari kunyit
Merica bubuk secukupnya

Bumbu lainnya :

6 lembar daun salam
4 lembar daun jeruk
8 hingga 10 sendok makan kecap manis
1 ½ sdt garam
2 sendok makan gula jawa
Minyak untuk menumis (secukupnya saja)
2 sendok makan air asam jawa



Bahan Tambahan :

Bawang goreng

Cara membuat lapis daging khas Surabaya


Cuci daging hingga bersih, potong sesuai selera, iris setipis mungkin agar daging cepat matang dan empuk. Baca disini cara memasak daging agar cepat matang dan empuk.


  • Siapkan penggorengan, panaskan minyak, masukkan bumbu halus, tumis hingga harum, tambahan serai, laos, salam, jeruk purut tumis hingga matang dan berubah warna.
  • Jika dirasa sudah harum, masukkan daging aduk hingga rata, gunakan api sedang masak dan aduk hingga daging berubah warna dan mengeluarkan air, masak hingga sudah tidak berair lagi.
  • Jika air daging sudah habis, tambahkan air yang sudah disiapkan tujuannya biar bumbu dan daging semakin mereap dan matang, masak hingga daging empuk dan meresap ke bumbu.  Jika sudah tambahkan kecap di sekeliling penggorengan tidak langusng didalam kuah. Jika air habis dan daging belum matang, Anda bisa tambahkan air sesuai kebutuhan hingga daging benar – benar lunak dan matang.
  • Masukkan garam, gula jawa, air asam, merica bubuk, masak hingga semua air habis dan mengental.
     
  • Angkat dan sajikan, jangan lupa tambahkan bawang goring diatasnya.


Jadi seperti itu tahap – tahap yang saya lakukan dalam membuat lapis daging, bumbu lapis daging tidak ada yang dikurangi dan ditambah, Pengalaman saya membuat lapis daging, selain saya gunakan untuk masakan sehari – hari, juga saya gunakan untuk keperluan hajatan (nasi kotak) sama acara makan – makan nya anak saya yang masih TK.

Semoga artikel tentang bumbu lapis daging khas Surabaya ini bisa memberi manfaat bagi sista –sista yang sedang mencarinya. Amin

Jika Anda berminat juga membaca artikel saya lainnya terkait resep lapis daging ini silahkan klik link dibawah ini :

Resep lapis daging istimewa
Bumbu dendeng sapi kering




0 komentar:

Posting Komentar