Kumpulan Resep masakan sehari - hari yang sudah teruji dan terpercaya serta cara masak makanan khas daerah di Indonesia dari berbagai bahan seperti ayam, ikan, cumi, daging, seafood, tahu, telur, dsb

Cara Memasak Kepiting Asam Manis

resemasakenak.com - caramemasak kepiting asam manis sebenarnya tidak terlalu ribet. Ya kalau dihitung – hitung daripada kita membeli masakan jadi di luar seperti kepiting asam manis cak gundul, kepiting asam manis padang, atau kepiting asam manis pedas seperti di pinggir jalan. Hasilnya jauh lebih murah jika kita memasaknya sendiri dirumah. Selain lebih higienis, memasak kepiting asam manis pedas sederhana membuat kita dan keluarga semakin sehat. karena kita bisa mengatur sendiri kualitas minyak yang akan kita gunakan. Garam, gula juga penyedap rasa didalamnya.
Kepiting memiliki kandungan gizi tinggi yang baik bagi pertumbuhan tubuh. Seperti protein, asam lemak  omega 3, mineral selenium, lemak jenuh dan vitamin B 12  yang berfungsi menghasilkan energy dan membantu pertumbuhan, meningkatkan metabolisme tubuh, memproduksi sel darah merah serta meningkatkan kesehatan kulit dan syaraf.
Cara Memasak Kepiting Asam Manis
Cara Memasak Kepiting Asam Manis
Diatas kandungan gizi yang terdapat pada kepiting. Namun, jika sista memiliki alergi terhadap hewan laut, sebaiknya hindari menu masakan yang satu ini, karena saya sendiri pun juga tidak bisa jika terkena sedikit saja dari hewan laut, terutama udang, sedikit makan udang laut saja membuat tenggorokan saya terasa gatal, jika kondisi badan kurang bagus, efek yang muncul malah semakin parah, seperti bentol – bentol, hingga muntah. tapi, makanan ini malah jadi makanan kesukaan anak – anak dan suami. Jadi saya masih sering memasaknya dirumah.


Jadi, bagaimana cara memasak kepiting asam manis enak?
Berikut cara memasak kepiting asam manis :

Bahan :
300 ml air
5 ekor kepiting ukuran sedang / kecil
½ bawang Bombay iris panjang
4 siung bawang putih geprek
4 sdm saus tomat
1 ½ sdm kecap manis
¼ sdt minyak wijen
¼ sdt merica bubuk
1 sachet saus tiram
Tepung tapioca ½ sdm
Gula, garam dan merica bubuk secukupnya (sesuai selera)

Cara memasak kepiting asam manis
  • Bersihkan kepiting hingga bersih.
  • panaskan sedikit minyak, masukkan bawang putih geprek dan bawang bombay yang sudah di potong memanjang. Tumis hingga harum dan matang.
  • Tambahkan air, masukkan saus dan semua bumbu, biarkan hingga mendidih
  • Masukkan kepiting, tutup penggorengan atau panci hingga masak dan meresap bumbunya.
  • Jika sudah mengental bisa dimasukkan tepung tapioka yang sudah disiapkan, jangan lupa dilarutkan dengan air terlebih dahulu, kemudian masukkan.
  • Cicipi, jika dirasa manis dan asam nya pas, bisa dimatikan kompornya dan kepiting asam manis siap dihidangkan.


Itulah resep dan bumbu cara memasak kepiting asam manis yang bisa kita praktekkan dirumah, semoga artikel yang singkat dan sederhana ini bisa bermanfaat bagi sista yang membutuhkan. Semangat di dapurnya ya  J









0 komentar:

Posting Komentar